Watch and Read

Watch and read the publications, brochures, posters, leaflets and videos of Wetlands International Africa.

Current publications | Search

Projects of Indonesian

Roadmap (Peta Jalan) Pengelolaan Ekosistem Gambut Berkelanjutan bagi Hutan Tanaman Industri (HTI) Bubur Kayu dan Kertas di Indonesia

Roadmap ini disusun melalui proses diskusi yang panjang, selama kurang lebih satu tahun dengan melibatkan civil society dari berbagai organisasi dan para ahli serta praktisi HTI di lapangan. Hasil diskusi tersebut dirangkai, dikemas dan disajikan dalam bentuk pembahasan mengenai isu HTI, hutan alam dan lahan gambut yang berfokus pada tiga aspek utama yaitu lingkungan, sosial dan tata kelola. Roadmap ini diharapkan dapat menjadi alternatif panduan bagi industri hulu bubur kayu dan kertas di Indonesia dan pemerintah dalam upaya penyelamatan hutan dan lahan gambut di Indonesia.

 Read more ...

Panduan Studi Burung Pantai

Pada tahun 1989, Asian Wetland Bureau (AWB – kemudian berubah namanya menjadi Wetlands International) menerbitkan sebuah buku berjudul “Shorebird Studies Manual” yang disusun oleh John Howes dan David Bakewell.  Adanya kebutuhan besar akan bahan ajar sejenis yang ditulis dalam Bahasa Indonesia telah mendorong penerbitan edisi ini. Sama seperti edisi aslinya, publikasi ini menyajikan panduan langkah demi langkah dalam melakukan studi terhadap burung pantai.

 Read more ...

Compilation of MFF SGF Study: Studi Kompilasi Program Fasilitasi Dana Hibah Skala Kecil - Mangroves for the Future Indonesia

Program kerja utama dari MFF di Indonesia pada tahun 2014 adalah peningkatan kapasitas sertaimplementasi 16 proyek berskala kecil dan 1 proyek berskala menengah yang mengedepankan isu perbaikan dan peningkatan fungsi ekosistem pesisir, khususnya mangrove, serta peningkatan kapasitas dan penghidupan masyarakat pesisir. Dalam proses implementasi proyek di lapangan, lembaga penerima hibah atau grantee (LSM, KSM serta Universitas) melakukan berbagai inovasi sederhana, berbiaya murah dan berbasis masyarakat. Dalam usaha restorasi ekosistem mangrove melalui program Mangrove for the Future – Small Grant Facilitacy (MfF – SGF), masyarakat merupakan pelaku utama pengelolaan. Donor, pemerintah pusat dan daerah, LSM/NGO serta mitra lainnya merupakan fasilitator kegiatan. Interaksi yang harmonis antara stakeholder menjadi prioritas agar ide dan nilai dalam kegiatan restorasi mangrove dapat diintroduksi dan diterapkan oleh masyarakat. Hal ini menjadi tantangan utama sehingga diperlukan pendekatan yang tepat agar hubungan berbagai pihak dapat diperbaiki.

 

 Read more ...

Warta Partners for Resilience Indonesia - Edisi Khusus

 

Seiring dengan akan berakhirnya pelaksanaan Proyek Partners for Resilience (PfR), maka kami akan memasuki saat yang menantang dan menarik. Menantang untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang tersisa secara tepat waktu dan dengan cara yang berkelanjutan. 
 

 Read more ...

Warta Konservasi Lahan Basah Vol. 23 No. 2, Juli 2015

Selamat bersua kembali para pembaca setia WKLB. Memasuki bulan suci Ramadhan, bulan pengendalian diri yang dirahmati Allah SWT, adalah saat yang tepat bagi kita semua untuk mengintrospeksi diri atas apaapa yang telah dilakukan terhadap alam sekitar kita. Mari kita tutup kesalahan dan keserakahan di masa silam, lalu kita songsong masa depan dengan penuh kebajikan dan kasih sayang.  

 

 Read more ...
Pages: 1 of 21